Saturday, July 21, 2012

Ngaji bareng tukang sayur

Pagi tadi, saya bangun lebih cepat. Tetangga saya, yang sudah biasa saya panggil ‘bude’ membangunkan saya. Sekitar jam 8 pagi. Bude mengajak saya tadarusan di masjid komplek bersama ibu-ibu dan nenek-nenek lainnya. Saya sih awalnya nolak, rada gimana gitu, asa malu euy. Tapi, bude maksa gitu, ya apalah daya. 

Ngaji sama ibu-ibu dan nenek-nenek harus sabar sekali ternyata. Mungkin karena faktor umur kali ya. Tapi ada juga yang masih muda dan ga bisa ngaji. Di tengah-tengah pengajian, ada salah satu tetangga yang rumahnya dekat masjid membakar sampah. Alhasil, mereka jadi terbatuk-batuk. Ya ampun kasian......antara kasian dan geli sih sebenernya. 

Tapi ada yang lebih lucu lagi, yaitu ketika salah seorang ibu-ibu berteriak “SAYUUUUUUUUUUUUUUUUUUUR” disaat pengajian berlangsung.
Jadi tuh ceritanya ada tukang sayur yang lewat depan masjid. Serentak ibu-ibu dan nenek-nenek yang lainnya kaget dong. Lucunya lagi, si ibu yang teriak tadi cuma diem aja dan malah melihat ke arah saya. Saya nelen ludah nahan ketawa campur marah. Godaan puasa macam apa ini..... Si ibu yang teriak memasang muka tanpa bersalah. Setelah itu, si ibu melengos aja langsung keluar. Setan penggoda macam apa itu......
Suasana di masjid jadi nggak kondusif gitu. Nyokap juga malah sibuk minjam uang buat beli tempe, ada yang nyari pisang juga, ibu-ibu lain juga latah pengen tempe.......
“Bude, bude, bawa uang nggak aku mau beli tempe?”
“Oh iya bu bawa, berapa bu tempenya?”
“Bu, aku cari pisang nggak ada”
“Bu...tempenya dua?”
“Ih satu aja bu abdi mah”
“Dua ribu ya bu tempe?pinjem dulu yaaa hehe”
Itu tuh obrolan mereka di sela-sela pengajian. Bener-bener deh.
Si tukang sayur juga merasa terpanggil, sampai akhirnya akhirnya nongol dari jendela masjid.  Saya bengong ngeliat kejadian itu. Apalagi, pengajian terus berlanjut, si ibu yang dapet giliran baca juga cuek bebek aja. Saya sih cuma sedikit mikir, kok ibu yang lagi ngaji ini, nggak kepengen tempe juga? Atau pisang, mungkin?

Happy fasting all!

No comments:

Post a Comment