Saturday, November 24, 2012

Semangat beraksi!


Kalau ditanya apa aksi saya untuk berkontribusi dalam memajukan Indonesia, saya belum melakukan hal yang besar. Tetapi, untuk memulai sesuatu yang besar, harus dimulai dari sesuatu yang kecil. Generasi muda lain yang lain mungkin sudah banyak yang berkontribusi untuk memajukan Indonesia. Saya ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan. Saya ingin mengajar anak-anak.
Keinginan ini mucul ketika saya bermain dengan anak-anak di kantin fakultas saya. Beberapa penjual dikantin fakultas acapkali membawa anak-anaknya. Ada empat anak kecil yang sering datang; Keke, Nadia, Yuda, Novan. Umur mereka sekitar 3-5 tahun. Hampir setiap jam makan siang, saya datang ke kantin untuk bermain bersama mereka. Rasanya senang sekali bisa berada diantara mereka. Kami bermain pensil dan kertas. Mereka dapat menggambar atau menulis apa pun yang mereka inginkan. Beberapa kali, saya mencoba mengajarkan menulis abjad kepada mereka. Kami juga sering bernyanyi bersama. Saya tidak ingin lagu anak-anak benar-benar hilang diantara mereka. Untungnya, mereka masih mengenal lagu “Balon ku” dan “Kereta Api”. Rasanya senang sekali setiap mengajarkan atau menanamkan hal-hal baik kepada mereka.
Mereka menginspirasi saya untuk mengajar anak-anak lain. Suatu hari, saya mendapat informasi ada sebuah bimbingan belajar di daerah Bogor yang membutuhkan tenaga pengajar untuk mengajar anak-anak Sekolah Dasar dan PAUD. Saya rasa, saya membutuhkan pengalaman lain di luar sana. Saya tidak ingin hanya berkuliah saja disini. Diantara jadwal kuliah saya, saya ingin meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak. Saya mencoba mendaftar menjadi tenaga pengajar di bimbel tersebut. Saya masih menunggu hasil wawancara dan microteaching beberapa hari lalu. Ini adalah harapan saya untuk mengekspresikan aksi saya. Jika banyak yang membaca, mungkin saja semakin banyak yang berharap sehingga harapan saya akan terwujud. Terimakasih kepada para pembaca yang meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya J. Semoga tulisan saya dapat menambah semangat generasi muda lain untuk beraksi menjadikan Indonesia lebih maju.

Terus berkarya, ya! Semangat dan selamat beraksi! J  

Salam pemuda Indonesia! J


1 comment: